Gigitan Pedas Nasi Goreng Jancuk

Apa saja yang Anda kenal dari Surabaya? Salah satu yang terkenal adalah umpatan khasnya. Muncul ungkapan, bukan arek Suroboyo kalau tidak bisa misuh. Menu yang satu ini mendompleng ketenaran umpatan khas Surabaya itu. Dan memang belum lengkap rasanya jika Anda ke Surabaya tetapi tidak mencoba Nasi Goreng Jancuk.
Eko, Executive Chef dan Food & Beverage Surabaya Plaza Hotel (SPH), adalah tokoh pencipta menu ini. Berawal dari keisengannya mengerjai rekan-rekan satu departemen, terciptalah Nasi Goreng Jancuk. Rekan-rekannya menodong Eko untuk membuatkan santapan makan siang, sedangkan pria 48 tahun itu masih lelah sehabis memasak besar untuk tamu hotel.
Ia pun memberi sajian berbeda, nasi goreng dengan bumbu yang nyeleneh. Ia memberi jatah cabai rawit jauh lebih banyak dari biasanya. Sajian itu pun mengundang beragam komentar dari rekan-rekannya. “Jancuk cek pedes’e!”, begitu salah satu komentar mereka. Nama Nasi Goreng Jancuk pun berawal dari situ.
Menu ini akhirnya menjadi andalan bagi SPH, banyak yang memesannya siang dan malam. Satu nampan Nasi Goreng Jancuk cukup untuk empat sampai lima porsi makan orang dewasa. Bukan hanya orang Surabaya, menu ini juga terkenal sampai ke luar kota. Menurut Eko, pernah ada orang Jakarta datang ke Surabaya hanya untuk memesan puluhan bungkus nasi goreng ini, lalu dibawa pulang kembali ke Jakarta.
Pedasnya Nasi Goreng Jancuk yang menggigit lidah dalam sekali cecap, inilah yang mengundang penasaran para penikmatnya. Sekali coba, akan ketagihan sampai suap terakhir. Apalagi rasa terasi pada bumbunya yang kental di lidah, semakin membuat nasi goreng ini menjadi menu yang wajib dicoba jika berkunjung ke Surabaya. Taburan lauk telur, daging kepiting, ayam, dan udangnya, amat menggugah selera.
Satu nampan Nasi Goreng Jancuk dijual seharga Rp 57 ribu. Sangat terasa meriah jika dinikmati bersama kawan-kawan Anda. Kini, Anda bisa menikmati paket ‘Jancuk Mbledos’ yang baru saja diperkenalkan SPH. Paket ini berisi satu nampan Nasi Goreng Jancuk dan satu pitcher teh manis. Paket ini sebagai respon dari banyaknya permintaan Nasi Goreng Jancuk tetapi bingung apa pasangan minumnya.
“Minuman yang cocok dengan rasa pedas adalah manis atau panas, maka kita ciptakan paket teh manis sebagai pendampingnya dengan pilihan hangat ataupun dingin sesuai selera,” kata Eko. ‘Jancuk Mbledos’ merupakan representasi dari makan Nasi Goreng Jancuk sak mbledose (sekenyangnya). Dengan paket ini, Anda bisa beramairamai menikmati Nasi Goreng Jancuk lengkap dengan minumnya, hanya dengan Rp 100 ribu saja.
0 Responses